Promo atau promosi merupakan istilah yang sangat populer di benak
masyarakat Indonesia. Kata promo seringkali identik dengan harga, seperti harga
promo atau diskon, dan lebih indentik dan seringkali dikaitkan dengan kegiatan
jual beli. Promosi atau promo, secara harfiah memiliki makna menginformasikan,
mengingatkan, dan membujuk. Maka tidak salah jika kata promo sering dikaitkan
dengan kegiatan jual beli barang, karena promo bersifat membujuk, yaitu
membujuk calon konsumen untuk membeli barang dan produk tertentu. Bagi Anda
yang berkecimpung dalam bidang bisnis atau usaha, promo sangat penting untuk
Anda ketahui definisi dan kegunaan, agar dapat Anda terapkan untuk
memperkenalkan produk dagangan Anda, sebab promo merupakan salah satu faktor
penting yang mempengaruhi laku atau tidaknya sebuah produk. Berikut ini adalah
ulasan mengenai pengertian promo dalam konteks jual beli dan pentingnya
melakukan promo terbaru bagi para pebisnis atau pedagang.
A.
Promo dalam Konteks Bisnis
Dalam konteks bisnis atau perdagangan, promosi atau promo berarti kegiatan
memasarkan dan memperkenalkan suatu produk atau barang ke masyarakat luas agar
produk tersebut dikenal luas sehingga masyarakat tertarik untuk membeli produk
tersebut. Promosi dalam konteks bisnis memiliki tujuan memberikan informasi
kepada calon pembeli atau calon pelanggan tentang keberadaan suatu barang atau
jasa. Promo juga berfungsi sebagai pembeda antara satu produk dengan produk
lainnya. Ketika melakukan promosi, pihak pengusaha atau pedagang memiliki
kesempatan untuk menunjukkan keunggulan-keunggulan produknya, sehingga calon
konsumen dapat membedakan produk tersebut dengan produk lain, terutama agar
mengetahui keunggulannya.
B.
Membangun Citra
Promo memiliki manfaat untuk membangun citra suatu produk. Kegiatan
memasarkan dan mengajak masyarakat untuk mengetahui suatu produk yang dilakukan
dalam konteks promosi dapat membangun citra suatu produk, yaitu agar lebih
dikenal, lebih familiar di mata masyarakat. Promo merupakan media komunikasi
antara penyedia jasa atau pengusaha dengan pihak calon pembeli. hanya saja,
sifat komunikasinya hanya satu arah, yaitu pihak yang melakukan promosilah yang
lebih banyak menunjukkan citra produknya agar diketahui oleh masyarakat secara
luas.
C.
Pentingnya Melakukan Promo Terbaru
Promosi merupakan
salah satu variabel dalam kegiatan pemasaran atau marketing, sehingga
keberadaannya sangat penting untuk menunjang hasil penjualan suatu produk, baik
produk barang atau jasa. Kegiatan promosi harus dilakukan secara kontinyu dan
informasi yang diberikan dalam kegiatan promo harus terus diperbaharui, agar
informasi yang diterima oleh masyarakat tidak basi. Untuk itu,
melakukan promo terbaru sangat penting, agar ingatan masyarakat akan suatu
produk dan citra sebuah produk terus diperbaharui dan informasinya lebih segar,
sehingga lebih diterima oleh masyarakat.
Banyak sekali bentuk
dari kegiatan promo, di antaranya adalah dalam bentuk iklan, selebaran, bahkan
dari mulut ke mulut. Menurut penelitian, salah satu faktor kenapa suatu produk
dapat dengan mudah diterima oleh masyarakat adalah faktor promo terbaru yang tepat sasaran dan
dilakukan dengan cara-cara yang unik dan menarik perhatian, sehingga masyarakat
tertarik untuk membeli produk tersebut.
Salah satu tempat
penyedia promo adalah aqiqah nurul hayat.
Cabangnya sudah tersebar keseluruh penjuru nusantara. Kali ini pun hadir banyak
promo menarik seperti di kota bandung, disana ada salah satu cabang aqiqah nurul hayat.
Jika kita mencari aqiqah bandung murah,
bisa mengunjungi aqiqah nurul hayat di cabang Bandung. Untuk urusan pelayanan
tidak di ragukan lagi, bahkan rasapun di jamin enak dan memuaskan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar