Selasa, 22 September 2020

Gulai atau Gule

 


Gulai atau Gule adalah salah satu jenis hidangan yang tersebar luas di Nusantara, terutama di wilayah  Sumatra dan Jawa serta Semenanjung Malaya. Hidangan ini berasal dari Sumatra sebagai hasil pengaruh dan penerapan seni memasak India yang kaya akan rempah dan bumbu seperti kari. Kuah gulai / gule yang berwarna kuning ini menjadi semacam sup yang dihidangkan panas-panas yang berisi daging atau jeroan kambing.

Untuk membuat gulai / gule kambing, ada bahan – bahan yang harus di siapkan.

Bahan gulai kambing:

·         500 gram daging kambing dan jeroan kambing, potong dadu sedang

·         100 ml santan

·         3 sdm bawang goreng untuk taburan

·         2 sdm minyak untuk menumis

Bumbu halus:

·         3 sdm bawang merah, iris tipis

·         1 sdm bawang putih, iris

·         3 sdm cabai merah, iris

·         1 sdt jahe segar, iris

·         1/2 sdt jintan

·         1 sdt kunyit segar, iris

·         1 sdm garam

Bumbu tambahan:

·         1 lembar daun kunyit

·         2 lembar salam

·         2 batang serai

Cara membuat gulai kambing

1. Langkah pertama membuat gulai kambing adalah cuci kambing yang sudah dipotong-potong dengan air yang mengalir, jangan rendam, lalu segera tiriskan.

2. Panaskan minyak di wajan, tumis bumbu halus dan bumbu tambahan hingga wangi. Masukkan potongan daging kambing. Masak hingga daging dan jeroan berubah warna dan setengah matang.

3. Tuang santan pada tumisan daging, kecilkan api. Masak hingga daging kambing empuk dan matang sempurna. Jangan lupa sering diaduk, lalu angkat.

4. Hidangkan gulai kambing selagi panas panas. Taburi bawang goreng sebagai teman nasi atau ketupat, untuk menambah cita rasa beri emping goreng.


Nah, jika di rasa repot ada solusi yang mudah agar kita bisa merasakan nikmatnya gulai / gule kambing. Bisa pesan di Aqiqah Nurul Hayat yang sudah tersebar keseluruh penjuru nusantara. Di sini di sediakan paket gule untuk acara aqiqah atau tasyakuran yang sudah lengkap dengan nasi, buah, acar dan kartu ucapan untuk acara yang diadakan . Ada juga gulai / gule kering untuk menemani perjalananmu yang suka berpergian untuk touring.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aqiqah Sukajadi Bandung Nurul Hayat

  Aqiqah Sukajadi Bandung Nurul Hayat Aqiqah Sukajadi  Aqiqah Nurul Hayat memiliki 51 cabang tersebar se Indonesia. Salah satunya adalah  aq...